Skip to main content

Cara Browsing di Internet Tanpa Terlacak Melindungi Privasi | Diego Murdani

Geopark Ciletuh Palabuhanratu Destinasi Wisata Sukabumi


Sukabumi, Jawa Barat, 03/11 (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat terus berupaya mendorong peningkatan daya tarik Geopark Ciletuh Palabuhanratu untuk peningkatan angka kunjungan wisatawan, baik asal domestik maupun antar negara.

"Geopark Ciletuh Palabuhanratu ini merupakan salah satu destinasi andalan Kabupaten Sukabumi sehingga, keberadaannya harus terus dilengkapi dan jaga agar daya tarik wisatawan untuk datang terus meningkat," kata Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara di Sukabumi, Minggu.

Menurutnya, tidak semua daerah di Indonesia, di berbgai kawasan di nusantara memiliki objek wisata yang lengkap seperti Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Oleh sebab itu, pihaknya meminta kepada Pemerintah Kabupaten Sukabumi untuk fokus dalam membenahi, menambah dan memperbaiki prasarana dan sarananya.

Memang masih ada kendala dalam pengembangan objek wisata di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat seperti wisatawan harus berjuang agar bisa di lokasi karena, seperti diketahui kemacetan masih menjadi permasalahan utama baik yang datang dari arah Jakarta maupun dari Kota Bandung.

"Tapi masalah kemacetan itu saat ini sudah semakin terkikis setelah pemerintah pusat membangun akses jalan untuk mempermudah masuknya wisatawan, investor dan lainnya ke Sukabumi seperti dibangunnya Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) dan Jalur Ganda Kereta Api Sukabumi-Bogor," tambahnya.

Yudha mengatakan dengan adanya pembangunan ini tentunya Kabupaten Sukabumi sangat terbantu apalagi informasinya pemerintah pusat berencana membangun tol hingga Palabuhanratu dan ini akan membantu akses transportasi. Menunjang mobilitas yang lebih baik, bagi siapa saja pengguna jalan.

Tentunya, berbagai program pembangunan konektivitas transportasi yang dilakukan pemerintah di bawah Presiden RI Joko Widodo ini harus diimbangi oleh Pemkab Sukabumi dalam melakukan pembenahan dan mempromosikan berbagai potensi wisata yang ada khususnya Geopark Ciletuh Palabuhanratu.

Pihaknya sangat mendukung atau mensupport dengan adanya pembangunan tol, jalur ganda kereta api, dermaga hingga bandara. Tapi Pemkab Sukabumi pun harus dengan cepat mengambil langkah seperti menyediakan sarana dan prasaran lainnya untuk wisatawan.

Kemudian menata objek wisata serta yang tidak kalah pentingnya adalah memberdayakan masyarakat sekitar dengan membuat berbagai kerajinan khas Sukabumi atau Geopark Ciletuh Palabuhanratu untuk kenang-kenangan wisatawan.

Hasil kerajinan tersebut banayk diberikan wisatawan, rekan-rekan maupun keluarganya sebagai bukti pernah datang ke suatu objek wisata dan tentunya ini bisa menjadi nilai promosi tersendiri untuk mendatangkan pelancong. 

Melihat posisi geopark ini, tentunya harus diciptakan sebuah promosi yang lebih masif lagi untuk menggiring wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri bisa datang dan kerasan menikmati wisatanya. Melengkapi destinasi wisata lainnya yang selama ini dikenal seperti arung jerama di daerah Citatih yang diceritakan oleh Puma Rental melalui, Blog yang dikelola, dapat dibaca di sini.

Puma Rental adalah perusahaan jasa transportasi di Jakarta, yang benyak melayani pelangganya di Jabodetabek untuk berkunjung ke berbagai lokasi di Jawa Barat, selain di Jabodetabek. Informasi tentang itu dapat dilihat di sini, disajikan melalui situs resminya, sebagai sumber informasi bagi mereka yang membutuhkan layanan jasa sewa kendaraan, bik itu ELF maupun bus dengan kapasitas penumbang hingga tigA puluh lebih tempat duduk.

Comments

Popular posts from this blog

Stop Work Order Kebun Sawit Cemerlang Abadi

Blangpidie, Aceh, 30/4 (Benhil) - Anggota DPD RI, Sudirman meninjau perkebunan kelapa sawit milik PT Cemerlang Abadi yang ditanam di tanah hak guna usaha (HGU) di Kecamatan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Minggu. Kedatangan senator asal Provinsi Aceh, Sumatera ke wilayah pedalaman Abdya tersebut untuk melihat langsung kondisi perkebunan kelapa sawit milik PT Cemerlang Abadi yang selama ini dihembus isu lahan HGU ditelantarkan oleh perusahaan. Perusahaan perkebunan kelapa sawit ( Elaeis guineensis ) yang berada di Desa Cot Simantok, Kecamatan Babahrot tersebut terancam tutup lantaran terkendala dengan pemerintah daerah yang tidak bersedia megeluarkan rekomendasi perpanjangan izin HGU. Pemkab Abdya tidak bersedia mengeluarkan rekomendasi perpanjangan izin PT Cemerlang Abadi tersebut dengan alasan lahan HGU yang telah diberikan oleh pemerintah ditelantarkan menjadi hutan belantara oleh pihak perusahaan. Stop work order itu adalah kata yang tepat bagi mereka sepert

Indonesia Harus Siap Hadapi Perang Siber

Jakarta, 19/9 (ProDaring) - Republik Indonesia perlu bersiap-siap dalam menghadapi potensi terjadinya perang siber atau konflik dunia maya karena pada masa ini pertikaian antarbangsa dinilai tidak lagi hanya menggunakan senjata fisik seperti nuklir. "Kita memasuki fase tidak lagi berperang dengan musuh dari luar yang terlihat wujudnya," kata Ketua DPR RI Bambang Soesatyo dalam rilis di Jakarta, Kamis. Menurut Bambang Soesatyo, saat ini kerap terjadi operasi psikologis dengan berbagai strategi dan menggunakan beragam media sebagai salah satu senjatanya. Selain itu, ujar dia, perang juga tidak lagi melibatkan negara sebagai aktor utama tetapi juga menggunakan lintas aktor dengan spektrum yang lebih luas. Politisi Partai Golkar berlogo pohon beringin rindang itu mengingatkan, maraknya informasi hoaks ( hoax ), pengaburan fakta, ujaran kebencian, hingga pencurian data pribadi merupakan beberapa bentuk konkret perang di masa kini. "Perang digital seperti ini ti

Perusahaan Sawit Tanggulangi Kebakaran Lahan

Sampit, Kalteng, 18/4 (ProDaring) - Perusahaan besar swasta perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, ikut gencar mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan. "Tahun 2018 ini kami berharap desa di sekitar perusahaan giat lagi menjaga daerahnya. Bagi desa yang wilayahnya nol atau nihil kebakaran, maka akan kembali kami beri reward, sesuai MoU (nota kesepakatan) pada bulan Juli 2017-Juni 2018 antara pemerintah desa dengan PT Globalindo Alam Perkasa," kata General Manager PT Globalindo Alam Perkasa, Darman di Sampit, Rabu. Darman mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari program Masyarakat Bebas Api yang dijalankan perusahaan mereka sejak beberapa tahun terakhir. Kegiatan ini salah satu bentuk upaya menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang bahaya api dan membekali tim balakar desa tentang cara penanggulangan kebakaran lahan dan hutan. Masyarakat diharapkan turut mencegah atau meminimalisir kebakaran, khususnya di wila