Skip to main content

7 Aplikasi Payroll Gratis dan Keuntungan Berbasis Web

 

Telepon pintar yang mulai akrab oleh beberapa pengguna sekitar tahun 2000’an membuat mereka melek teknologi. Namun saat itu penggunanya hanya terbatas pada kalangan menengah ke atas.

Memasuki tahun 2005, masyarakat kelas menengah mulai melirik perangkat komunikasi ini seiring dengan ditinggalkannya telepon layar kecil jenis Nokia. Karena pekerjaan dan masyarakat menuntut untuk menggunakan sarana dalam telepon pintar, maka masyarakat menengah ke bawah juga mulai membelinya.

Peluang tersebut dimanfaatkan oleh William Tanuwijaya, seorang pengusaha muda yang jeli memanfaatkan peluang konsumerisme generasi milenalial. Pada 2007 dia membuat aplikasi belanja pada telepon pintar yang menghubungkan pemiliki barang dengan pembeli.

Dua tahun pertama usaha tersebut kesulitan mendapat suntikan modal. Baru pada 2009 sebuah permodalan bernama East Ventures tertarik untuk menyuntikan dana pada perusahaan yang baru merintis atau lazim disebut start up ini.

Tambahan modal itu mendapat dukungan antara perpaduan profesionalitas dan ketekunan, maka jadilah Tokopedia sebagai perusahaan start up berkelas internasional seperti sekarang ini.

Tanuwijaya hanya satu dari puluhan bahkan ratusan kisah sukses pengusaha start up di Indonesia. Sudah pasti semua pengusaha rintisan tersebut membutuhkan sistem penggajian untuk laju usaha mereka yang dinamis.

Namun bagaimana jika perusahaan start up tersebut belum begitu stabil sehingga belum bisa membeli aplikasi payroll? Tidak masalah. Beberapa software penggajian yang dipakai oleh staff HRD (Human Resource Development) ini bisa diunduh secara gratis di internet. 

Kayaroll juga membagikan software payroll secara gratis, namun terbatas untuk jumlah tertentu, saat pengembang asal Singaporo ini memperkenalkan produknya di Indonesia.
 
Berikut ini 7 Aplikasi Payroll Gratis, yaitu;

- Open Miracle
Open Miracle adalah aplikasi akuntansi yang sudah cukup lama bisa diunduh gratis. Software ini tidak disarankan untuk perusahaan yang memiliki banyak karyawan.

- Open Baraza HR Payroll
     Open Baraza HR Payroll adalah aplikasi penggajian gratis yang bisa dipakai perusahaan yang punya banyak karyawan karena memiliki fitur pembuatan slip gaji, allowance, koperasi karyawan, keuntungan karyawan, dan lain-lain.

- HRTrack
     Software payroll gratis dari Kanada ini yang mempunyai fungsi dasar layaknya payroll lainnya dan lebih cocok digunakan oleh perusahaan dengan karyawan sedikit.

- Wave
Kelebihan dari Wave adalah memiliki fitur setor langsung, sehingga staff HRD tidak perlu menggaji karyawan secara tunai.

- HR.my
HR.my memiliki kelebihan khusus, yakni bisa membayar gaji yang beragam (harian, mingguan, dan bulanan). Pengusaha kuliner dan proyek bangunan biasanya menggaji pekerjanya secara harian atau mingguan.

- Talenta
Talenta bersifat fleksibel karena karyawan tidak perlu membuka rekening di bank dan slip gaji bisa dikirim lewat aplikasi mobile Talenta.
 
- KaryaOne
KaryaOne memiliki fitur untuk absensi, penggajian, perhitungan pajak, izin cuti, lembur, dan lain-lain. Trial KaryaOne bisa dicoba secara gratis selama tiga puluh hari.

5 Kendala Aplikasi Berbasis Web
Selain perusahaan start up, jenis usaha yang levelnya sama dengan perusahaan rintisan ini adalah UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah). Bidang usaha yang digeluti UMKM adalah kuliner, jasa, perdagangan, pelayanan kesehatan, dan masih banyak lagi.

Namun karena sifatnya yang dinamis membuat start-up dianggap lebih modern. Beberapa contoh start-up selain Tokopedia adalah Gojek, Kopi Kenangan, Batik Kultur, Traveloka, dan lain-lain.

Perusahaan modern (apalagi yang memiliki banyak karyawan) sudah pasti telah menggunakan aplikasi berbasis web ini. Namun UMKM dan start up belum tentu tertarik untuk menggunakannya karena mengalami berbagai kendala.

Lima kendala yang dihadapi jenis usaha itu adalah pengusaha yang gaptek, usaha yang statis, tidak ada biaya, bukan merupakan kebutuhan yang mendesak, dan tidak punya pegawai tetap.

Belajar dari pengalaman sebuah UMKM kecil yang meningkat menjadi start-up besar bernama Makaroni Ngehe. Awalnya Makaroni adalah makanan marjinal yang dijual di pinggir jalan. Nasib cemilan ini naik kelas saat seorang bernama Ali Muharam menciptakan Makaroni Ngehe. Cemilan ini menjadi franchise yang laku di mana-mana. Ali menjadi pengusaha start up sukses dengan omzet 3 milyar.

Pengalaman Ali dengan Makaroni Ngehe itu menjadi solusi bagi lima kendala yang dihadapi oleh jenis usaha tersebut. Sifat dinamis usaha milenial membuat tidak seorang pun tahu kalau suatu perusahaan bisa menjadi besar dalam sekejab.

Semakin dini perusahaan menggunakan aplikasi payroll, maka semakin ringan beban yang ditanggung oleh pengusaha.

Keuntungan Aplikasi Payroll Berbasis Web

Penggunaan aplikasi penggajian modern ini akan memberikan banyak manfaat bagi perusahaan. ProDaring mencatatnya, diantaranya adalah;
 

  1. Rekap data lebih cepat dan tepat.
  2. Mampu menghitung gaji karyawan yang nominalnya berbeda-beda.
  3. Penghitungan gaji hanya perlu input data saja.
  4. Mampu membuat slip gaji secara online.
  5. Perusahaan tidak perlu mempekerjakan banyak staff HRD.


Bandingkan dengan perusahaan yang menggunakan penggajian secara manual, maka akan menghadapi keadaan yang sebaliknya, yakni proses perekapan lambat, nominal gaji hanya berdasarkan gaji pokok, penghitungan gaji dihitung dengan absensi, slip gaji masih dicetak, dan kerja staff HRD menjadi sangat sibuk, terutama pada akhir bulan. Sedangkan manfaat dari penggunaan aplikasi payroll berbasis web tidak sedikit, diantaranya adalah;
 

  • Pekerjaan menjadi lebih efisien.
  • Performa pegawai semakin meningkat.
  • Gaji dibayar sesuai jadwal.
  • Data gaji akurat dan jelas.
  • Hemat waktu dan biaya.


Saat ini para produsen berlomba-lomba menciptakan aplikasi ini semakin canggih. Salah satunya adalah dengan menerapkan sistem HRIS (Human Resource Information System) sehingga bisa mengelola karyawan secara lebih efisian. Dengan sistem tersebut, pihak HRD bisa dengan mudah memantau performa, melakukan pelatihan, mencatat kompetensi, dan lain-lain.

Melihat segi positif dari aplikasi payroll berbasis web ini maka sudah sepantasnya kalau setiap pengusaha jenis apa saja menggunakan software ini untuk mendukug kinerja usahanya. []

Comments

Popular posts from this blog

Tomy Winata Minta Pengacaranya Desrizal Chaniago Taat Hukum

Jakarta - Pengusaha Tomy Winata (TW) meminta pengacaranya, Desrizal Chaniago (DC), yang menjadi pelaku pemukulan terhadap hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat di tengah persidangan, Kamis (18/7), patuh dan taat pada hukum. "Desrizal Chaniago adalah salah satu pengacara yang ditunjuk oleh Tomy Winata (TW) untuk menangani kasus perdata di Pengadilan Negeri Jakarta, Kamis (18/7). TW mengimbau DC agar taat dan patuh pada aturan hukum sesuai dengan undang-undang yang berlaku," kata Juru Bicara TW, Hanna Lilies, dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat. Hanna menyebut tindakan DC memukul hakim di ruang pengadilan tidak seharusnya terjadi, bahkan pihak TW juga terkejut mendengar kabar penganiayaan tersebut. "Kami dan TW sangat terkejut saat diberi tahu tentang peristiwa pemukulan pada hari Kamis tersebut. Kami sangat menyesalkan. Padahal, selama ini yang kami tahu DC bukan termasuk orang yang temperamental," ucap Hanna. Karena kejadian penyerarangan pen

Munadi Herlambang: Pertemuan Megawati-Prabowo Silaturahmi Pemimpin

Hari ini direncanakan akan ada pertemuan antara Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, berita yang dilansir oleh Antara, Rabu, 24 Juli 2019. Munadi Herlambang, pengamat kebijakn publik di Jakarta mengatakan "Pertemuan itu baik, silaturahmi antar dua pemimpin nasional yang sebaiknya selalu dijaga" Hal yang sama juga ditanggapi oleh Anggota Badan Komunikasi Partai Gerindra, Andre Rosiade menyebutkan, pertemuan Prabowo Subianto dan Megawati Soekarnoputri merupakan silaturahmi kebangsaan. "Ini merupakan silaturahmi kebangsaan, yang dilakukan dua tokoh bangsa," kata Andre, di Jakarta, Rabu. Rencana pertemuan antara Presiden kelima Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri dengan calon Presiden Prabowo Subianto serta Presiden terpilih Joko Widodo, direncanakan diadakan di Jakarta, pada Rabu di kediaman Megawati di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Andre menyebutkan dalam pertemuan nanti, tidak membaha

Jelang Libur Natal dan Tahun Baru Penumpang di Soeta Turun

Menjelang perayaan lahirnya Isa Almasih, libur natal dan tutup tahun, menjelang tahun baru 2020, penumpang di bandara Soekarno Hatta turn sebesar 13 persen dibandingkan dengan tahun lalu. Hal ini sangat diraskan oleh pengelola Batavia Rent Car dan Puma Wisata, perusahaan rental ELF di Jakarta, seperti yang dituturkan ke admin Prodaring. Kantor berita Antara juga memberitakan tentang ini, yang disajikan melalui media daring, disadur dan disajikan oleh ProDaring . Antara menyebutkan dalam beritanya, jumlah penumpang di Bandara Soekarno - Hatta (Soetta) dua hari jelang Natal diprediksi akan berkurang sebesar 13 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu dengan waktu yang sama. Berdasarkan data yang diperoleh dari posko Natal dan Tahun Baru Bandara Soekarno - Hatta di terminal 1, Senin, jumlah penumpang pada  2018 atau dua hari jelang Natal tercatat ada 206.797 penumpang, sedangkan di tahun ini, diprediksi jumlah penumpang ada 179.109 orang. Sebelumnya, Direktur PT Angkasa Pura