Skip to main content

Cara Browsing di Internet Tanpa Terlacak Melindungi Privasi | Diego Murdani

Cara Merawat Laptop Agar Tidak Lemot



Kiat tepat disajikan oleh teknisi komputer berpengalaman dari VERSACOM, cara merawat laptop agar tidak lemot saat digunakan. Apapun merek dan jenis notebook tersebut, tips ini bisa diaplikasikan. Cara cerdik ala teknisi komputer yang sangat paham memperbaiki berbagi ragam komputer, baik itu berbasis Windows maupun varian MacBook besutan Apple computer yang menggunakan Mac OS (Operating System)

Ada dua bagian yang harus diperhatikan, pertama tentang perangkat lunak atau software yang terpasang pada komputer, baik itu sistem operasi Microsoft Windows dan program anti virus yang digunakan. Kemudian menganalisa dan merawat perangkat keras, apakah bekerja dengan baik, atau ada kerusakan yang membutuhkan batuan teknis atau toko service laptop terpercaya di kota mu saat ada gangguan.

  1. Bersihkan ikon di layar monitor dan short-cut, tinggalkan hanya yang penting saja dan sering digunakan. Begitu juga file yang disimpan di desktop, pindahkan ke folder dokomen, atau buat folder tersendiri.
  2. Jangan jejali HDD dengan aplikasi yang tidak perlu, buang program yang pernah di-install, versi trial dan tidak dibutuhkan. Buang file yang usang dan tidak diperlukan lagi. Termasuk foto-foto bajakan yang memang tidak penting untuk dikoleksi. Barangkali ada video bokep, buang saja, tak perlu disimpan. 
  3. Pastikan isi HDD tidak penuh, biasanya ada peringatan, minimal ruang kosong (space) ada 10%
  4. HDD bunyi dan tidak dapat diakses, kemungkinan secara fisik rusak, bad sector. Apakah file penting yang ada di dalam sudah di salin (back-up)? HDD tidak dapat diperbaiki, harus diganti.
  5. Jangan install beberapa anti virus secara bersamaan, pilih salah satu saja yang bisa dimutakhirkan dan lakukan secara otomatis
  6. Lebih telitilah ketika bersilancar di intenet, jangan mudah tergoda mengunduh aplikasi yang tidak paham dengan ikon "down load now" begitu juga pranala (link) yang disebarkan lewat email maupun WhatsApp, bila penting tanya pengirim, aplikasi apa itu. Biasanya Malware, Spyware dikirim dengan cara seperti ini.
  7. Lakukan defragementasi secara berkala, khusus untuk laptop yang masih menggunakan HDD. Fasilitas teknologi andalan Microsoft ada pada tools yang disediakan oleh Windows
  8. Batasi berapa program yang akan otomatis terbuka saat start-up
  9. Re-star lah komputer secara regular
  10.  Bila sering menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan, ekspan RAM, pasang sampai maksimum
  11. Pastikan sirkulasi udara di dalam komputer bekerja dengan baik, fan berfungsi sebagai mana mestinya. Jika suara berisik, biasanya kipas mungil yang ada di dalam laptop terganggu. Urusan ini, Anda membutuhkan teknisi, komputer harus dibuka untuk melakukan maintenance secara fisik.
  12. Low bat juga akan memperlambat kinerja komputer, segera colok ke listrik, jangan sampai benar-benar habis, bisa timbul masalah lain, crash.
Artikel lain yang perlu dibaca, boleh dilihat di sini, kiat merawat notebook dengan tepat dan benar untuk melengkapi pemahaman Anda atas komputer yang dimilik disajikan oleh ahli IT, pengelola service center laptop di Jakarta. Mereka juga memilik situs jasa ganti dan jual LCD laptop, boleh diingat, agar tau tempat yang tepat, jika satu saat diperlukan.

Dua belas tips diatas, cukuplah untuk menambah pemahaman Anda cara merawat laptop agar tidak lemot, pastikan tips tersebut dijalankan dengan disiplin dan konsisten, ditambahkan informasi yang dilampirkan berupa link di atas. Dapat diaplikasikan pada berbagai merek dan jenis Laptop atau Ultrabook yang tipis itu, apakah itu Acer, ASUS, Dell, HP, Lenovo, Toshiba, Sony VAIO, Fujitsu, Mitsubishi, Panasonic yang selalul hadir di pameran komputer akbar, termasuk laptop yang namanya tidak sepopuler merek yang disebutkan di sini.

Selain itu, upayakan komputer mu selalu terawat dengan baik, bersih dan selalu hati-hati mengangkatnya baik itu dengan tas laptop. Jangan pernah menjatuhkannya, biaya perbaikan dan ganti LCD jika pecah, tidaklah murah. VERSACOM di Mal Ambasador Jakarta Selatan, pemilik Website yang disematkan pada artikel ini. Mereka menemukan banyak laptop yang harus diperbaiki hanya karena kelalain pengguna atau pemiliknya.

Semoga artikel ini bermanfaat, ada baiknya dibagikan melalui media sosial Anda, agar teman-teman di medsos mendapat pencerahan. Salam online dari admin ProDaring yang suka berbagi pengetahuan dan berita aktual di kanal online.

Comments

Popular posts from this blog

Stop Work Order Kebun Sawit Cemerlang Abadi

Blangpidie, Aceh, 30/4 (Benhil) - Anggota DPD RI, Sudirman meninjau perkebunan kelapa sawit milik PT Cemerlang Abadi yang ditanam di tanah hak guna usaha (HGU) di Kecamatan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Minggu. Kedatangan senator asal Provinsi Aceh, Sumatera ke wilayah pedalaman Abdya tersebut untuk melihat langsung kondisi perkebunan kelapa sawit milik PT Cemerlang Abadi yang selama ini dihembus isu lahan HGU ditelantarkan oleh perusahaan. Perusahaan perkebunan kelapa sawit ( Elaeis guineensis ) yang berada di Desa Cot Simantok, Kecamatan Babahrot tersebut terancam tutup lantaran terkendala dengan pemerintah daerah yang tidak bersedia megeluarkan rekomendasi perpanjangan izin HGU. Pemkab Abdya tidak bersedia mengeluarkan rekomendasi perpanjangan izin PT Cemerlang Abadi tersebut dengan alasan lahan HGU yang telah diberikan oleh pemerintah ditelantarkan menjadi hutan belantara oleh pihak perusahaan. Stop work order itu adalah kata yang tepat bagi mereka sepert

Indonesia Harus Siap Hadapi Perang Siber

Jakarta, 19/9 (ProDaring) - Republik Indonesia perlu bersiap-siap dalam menghadapi potensi terjadinya perang siber atau konflik dunia maya karena pada masa ini pertikaian antarbangsa dinilai tidak lagi hanya menggunakan senjata fisik seperti nuklir. "Kita memasuki fase tidak lagi berperang dengan musuh dari luar yang terlihat wujudnya," kata Ketua DPR RI Bambang Soesatyo dalam rilis di Jakarta, Kamis. Menurut Bambang Soesatyo, saat ini kerap terjadi operasi psikologis dengan berbagai strategi dan menggunakan beragam media sebagai salah satu senjatanya. Selain itu, ujar dia, perang juga tidak lagi melibatkan negara sebagai aktor utama tetapi juga menggunakan lintas aktor dengan spektrum yang lebih luas. Politisi Partai Golkar berlogo pohon beringin rindang itu mengingatkan, maraknya informasi hoaks ( hoax ), pengaburan fakta, ujaran kebencian, hingga pencurian data pribadi merupakan beberapa bentuk konkret perang di masa kini. "Perang digital seperti ini ti

Perusahaan Sawit Tanggulangi Kebakaran Lahan

Sampit, Kalteng, 18/4 (ProDaring) - Perusahaan besar swasta perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, ikut gencar mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan. "Tahun 2018 ini kami berharap desa di sekitar perusahaan giat lagi menjaga daerahnya. Bagi desa yang wilayahnya nol atau nihil kebakaran, maka akan kembali kami beri reward, sesuai MoU (nota kesepakatan) pada bulan Juli 2017-Juni 2018 antara pemerintah desa dengan PT Globalindo Alam Perkasa," kata General Manager PT Globalindo Alam Perkasa, Darman di Sampit, Rabu. Darman mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari program Masyarakat Bebas Api yang dijalankan perusahaan mereka sejak beberapa tahun terakhir. Kegiatan ini salah satu bentuk upaya menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang bahaya api dan membekali tim balakar desa tentang cara penanggulangan kebakaran lahan dan hutan. Masyarakat diharapkan turut mencegah atau meminimalisir kebakaran, khususnya di wila