Skip to main content

Cara Browsing di Internet Tanpa Terlacak Melindungi Privasi | Diego Murdani

Peristiwa yang Terjadi di Bulan September

Munir Said Thalib, Foto: Jawapos

Peristiwa merupakan kejadian yang benar-benar terjadi. Biasanya hal ini merupakan kejadian yang menimbulkan kesan bagi orang yang mengalaminya maupun yang mengetahui peristiwa tersebut. Suatu peristiwa juga dapat dikatakan sebagai sejarah karena terjadi dalam masyarakat dan akan menjadi sumber sejarah.

Kejadian berharga ini biasanya terjadi di satu waktu dan dianggap sebagai momen. Banyak kejadian atau momen bersejarah yang pernah terjadi di September.  Bulan September menjadi bulan yang cukup menyedihkan bagi sejumlah orang. Baik dalam dunia entertainment ataupun secara global. Bulan ke Sembilan ini pun memiliki sejumlah memorial yang tidak dapat dilupakan. Berikut beberapa peristiwa penting yang pernah terjadi di bulan September.

1.    Pembunuhan Munir


Munir adalah seorang pembela Hak Asasi Manusi. Ia dikabarkan dibunuh pada saat sedang terbang menuju Amsterdam untuk melanjutkan studinya. Munir dibunuh menggunakan racun arsenik yang dengan cepat menjalar ke sekujur tubuhnya. Kejadian ini terjadi pada 7 September.

2.    Hari Aksara


Tanggal 8 September 1965, PBB menetapkan tanggal tersebut diperingati sebagai International Literacy Day atau Hari Aksara Internasional. Hari Aksara Interasional diperingati untuk meningkatkan kesadaran seluruh pemangku kepentingan pendidikan bahwa masih banyak masyarakat dewasa di dunia yang buta aksara.

3.    Serangan WTC


Pada 2001, dunia dibuat heboh karena pesawat Boeing 767 milik United Airlines menabrak gedung kembar WTC di Amerika Serikat. Tabrakan tersebut menyebabkan gedung lain di sekitar WTC dipenuhi oleh puing-puing karena gedung WTC meledak. Diperringati setiap 11 September.

4.    Hari Perdamaian Dunia


Peringatan Hari Perdamaian Internasional diperingati setiap tahunnya pada 21 September dan didedikasikan untuk perdamaian dunia yang menandakan berakhirnya perang dan kekerasan.

5.    Hari Jadi Kota Bandung


Pada tahun 1810, Bandung Herman Willem Daendels telah meresmikan pindahnya Kota Bandung yang dipimpin oleh Bupati R.A Wiranatakusumah II. Sejak hari itu, Bandung menetapkan hari jadinya dan selalu merayakannya setiap tahun. Hari Jadi ini diperingati setiap 25 September.

6.    Gerakan 30 S/PKI


Pada malam tanggal 30 September 1965, diketahui telah terjadi penculikan dan pembunuhan tujuh perwira tinggi militer Indonesia. Peristiwa dikenal pula sebagai Gerakan 30 S/PK

7.    Hari Polisi Wanita


1 September diperingati sebagai hari polisi wanita. Peringatan ini menjadi tanda jasa para polisi perempuan pun berhak untuk dirayakan.

8.    Kebakaran Kota London 1666


Pada 2-5 September 1666 London mengalami kebakaran dalam jumlah yang besar.Kebakaran ini berawal dari salah satu toko kue, di Pudding Lane. Kebakaran ini memakan habis Kota London, setidaknya 87 gereja dan 13.000 rumah terbakar habis.

9.    Tupac Shakur Tertembak


Tupac Shakur adalah salah satu rapper ternama Amerika pada tahun 1990an. Pada usianya ke-25 Tupac Shakur tidak ada lagi karya yang dihasilkannya. Pada 7 September 1996 dia tertembak setelah menonton pertandingan Mike Tyson. Pembunuhannya merupakan salah satu misteri hingga kini. Tidak ada yang mengetahui siapa pembunuh Tupac Shakur sebenarnya. Dia selalu menulis lagu tentang kesejahteraan rakyat hingga rasisme. Tupac Shakur meninggal di rumah sakit pada 13 September 1996, namun karya-karya Tupac seperti Changes,  dan All Eyez On Me, tetap dikenang sepanjang masa.

10.     Pembunuhan Ratu Elizabeth dari Austria-Hungaria


Ratu Elizabeth dari Hungaria terbunuh secara tragis oleh anarkis yang tidak dikenal. Ia  adalah Luigi Lucheni yang berasal dari Italia. Dia sempat mendapat pertolongan dari pihak medis, namun meninggal akibat pendarahan yang dialaminya.

Comments

Popular posts from this blog

Stop Work Order Kebun Sawit Cemerlang Abadi

Blangpidie, Aceh, 30/4 (Benhil) - Anggota DPD RI, Sudirman meninjau perkebunan kelapa sawit milik PT Cemerlang Abadi yang ditanam di tanah hak guna usaha (HGU) di Kecamatan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Minggu. Kedatangan senator asal Provinsi Aceh, Sumatera ke wilayah pedalaman Abdya tersebut untuk melihat langsung kondisi perkebunan kelapa sawit milik PT Cemerlang Abadi yang selama ini dihembus isu lahan HGU ditelantarkan oleh perusahaan. Perusahaan perkebunan kelapa sawit ( Elaeis guineensis ) yang berada di Desa Cot Simantok, Kecamatan Babahrot tersebut terancam tutup lantaran terkendala dengan pemerintah daerah yang tidak bersedia megeluarkan rekomendasi perpanjangan izin HGU. Pemkab Abdya tidak bersedia mengeluarkan rekomendasi perpanjangan izin PT Cemerlang Abadi tersebut dengan alasan lahan HGU yang telah diberikan oleh pemerintah ditelantarkan menjadi hutan belantara oleh pihak perusahaan. Stop work order itu adalah kata yang tepat bagi mereka sepert

Indonesia Harus Siap Hadapi Perang Siber

Jakarta, 19/9 (ProDaring) - Republik Indonesia perlu bersiap-siap dalam menghadapi potensi terjadinya perang siber atau konflik dunia maya karena pada masa ini pertikaian antarbangsa dinilai tidak lagi hanya menggunakan senjata fisik seperti nuklir. "Kita memasuki fase tidak lagi berperang dengan musuh dari luar yang terlihat wujudnya," kata Ketua DPR RI Bambang Soesatyo dalam rilis di Jakarta, Kamis. Menurut Bambang Soesatyo, saat ini kerap terjadi operasi psikologis dengan berbagai strategi dan menggunakan beragam media sebagai salah satu senjatanya. Selain itu, ujar dia, perang juga tidak lagi melibatkan negara sebagai aktor utama tetapi juga menggunakan lintas aktor dengan spektrum yang lebih luas. Politisi Partai Golkar berlogo pohon beringin rindang itu mengingatkan, maraknya informasi hoaks ( hoax ), pengaburan fakta, ujaran kebencian, hingga pencurian data pribadi merupakan beberapa bentuk konkret perang di masa kini. "Perang digital seperti ini ti

Perusahaan Sawit Tanggulangi Kebakaran Lahan

Sampit, Kalteng, 18/4 (ProDaring) - Perusahaan besar swasta perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, ikut gencar mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan. "Tahun 2018 ini kami berharap desa di sekitar perusahaan giat lagi menjaga daerahnya. Bagi desa yang wilayahnya nol atau nihil kebakaran, maka akan kembali kami beri reward, sesuai MoU (nota kesepakatan) pada bulan Juli 2017-Juni 2018 antara pemerintah desa dengan PT Globalindo Alam Perkasa," kata General Manager PT Globalindo Alam Perkasa, Darman di Sampit, Rabu. Darman mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari program Masyarakat Bebas Api yang dijalankan perusahaan mereka sejak beberapa tahun terakhir. Kegiatan ini salah satu bentuk upaya menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang bahaya api dan membekali tim balakar desa tentang cara penanggulangan kebakaran lahan dan hutan. Masyarakat diharapkan turut mencegah atau meminimalisir kebakaran, khususnya di wila